Worship to Power, a solo exhibition by Heri Dono



Kategori
Pameran
Tanggal Acara
2 Juli - 15 Oktober 2023
Lokasi
Tirtodipuran Link Building A
Tirtodipuran St No.50, Mantrijeron, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55143

View Maps

"Worship to Power" menampilkan karya-karya Heri Dono yang merespons masa-masa kritis demokrasi Indonesia sekaligus menghadirkannya dalam konteks masa kini yang menjadi upaya aktif untuk melawan lupa.

Narasi dalam pameran tunggal Heri Dono ini dibangun berdasarkan dua karya yang dibuat pada masa-masa kritis demokrasi saat rezim Orde Baru, yaitu ""Worship to Power"" (10th Biennale of Sydney, 1996) dan ""Blooming in Arms"" (Museum of Modern Art Oxford, 1996). Kedua karya ini tak pernah pulang ke Indonesia, oleh karena itu, sang seniman merekonstruksi karya-karya ini dengan memanfaatkan studi, materi arsip, dan katalog lamanya. Ini adalah kali pertama karya-karya seni penting ini dipamerkan di Indonesia sebagai catatan dari sebuah era, di masa ketika komentar sosial dan seni politik berhadap-hadapan dengan musuh terbesarnya: pemerintah otoriter dan kebijakan sensor yang brutal.

Pameran tunggal ini menawarkan platform untuk berdiskusi dan merefleksikan masa lalu, masa kini, dan masa depan Indonesia, mengundang audiens untuk terlibat dengan isu-isu kompleks dan bermultifaset yang mendasari lanskap sosial, politik, dan budaya negara ini. ""Worship to Power"" adalah pengingat bagi kita untuk menolak lupa, pengingat bagaimana sejarah bisa membentuk kita menjadi lebih baik, dan menghargai dampaknya pada masa depan.

Penyelenggara
Kohesi Initiatives
Kontak & Reservasi
Vattaya (Aya)
6281225752648