OrCam



Kategori
Pameran
Tanggal Acara
29 Juni-20 Juli 2023
Lokasi
Stone House Castle
Gesik RT. 03, Kalipucang Kasongan, Bantul, Yogyakarta 55184

View Maps

Perspektif adalah pandangan atau sudut pandang seseorang terhadap sesuatu benda (hal). Sebagian awam memakai ""kacamata"" mereka untuk menyerap dan mengolah visual dan data yang mereka resepsi.

Penemuan kacamata tercanggih abad ini, yaitu OrCam MyEye 2.0, akan membawa sang pengguna, khususnya tunanetra menuju kekaguman pada pengalaman pertama. OrCam MyEye merupakan perangkat kecil yang ditempelkan ke tangkai kacamata untuk mengidentifikasi objek sekaligus membacakannya ke pengguna sebagai perspektif baru para tunanetra.

Pada perhelatan seni rupa di NIMCA kali ini, bukan hendak menggagas penemuan tersebut, tapi merujuk kepada para seniman sebagai inovator yang lebih memiliki kacamata ""OrCam"" yang berbeda untuk mendeteksi persoalan di seputar pengetahuan dan kedalaman batin sang seniman. Ada sisi lain yang perlu ditempelkan di mata hati, mata jiwa atau mata pikiran senimannya yang selama ini seolah-olah beku, kaku dan tak bermutu, yaitu sesuatu yang bersifat roh, seperti wahyu, tanzil, inspirasi, atau imanensi yang melampaui cara pandang awam terhadap suatu subjek (pokok bahasan), predikat (nama, gelar, penilaian) atau objek (benda, hal, perkara) agar tidak disebut orkam (orang kampungan) yang menjadi predikat sinis terhadap individu yang stag kreativitas dan pencapaian keilmuan.

Selamat berkarya. Selamat mengapresiasi.

Penyelenggara
NIMCA
Kontak & Reservasi
089673523071